TECHNOPRENEURSHIP
TUGAS
UJIAN TENGAH SEMESTER
: BUSINESS
PROPOSAL
FRESH MARKET
I1/
Senin / 12.00 – 13.40 / B207
Disusun oleh :
Zerica
Estefania Surya / 11140110026
Angela
Limawan / 11140110033
Rima
Wahyuningrum / 11140110076
Frisca
Tarina / 11140110077
Jeannyffer
Willyam / 11140110095
Feliana
Lamjaya / 11140110099
Sherly
Octania Arnando / 11140110103
Public Relations 2011 &
Journalism 2011
UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
2013
DAFTAR ISI
BAB 1 Eksekutif Summary
................................................................................................
1
BAB 2 Analisis Pasar
..........................................................................................................
3
BAB 3 Rencana SDM
........................................................................................................
4
BAB 4 Rencana
Oprasional
................................................................................................
6
BAB 5 Rencana Pemasaran
................................................................................................
10
BAB 6 Rencana Keuangan
.................................................................................................
12
BAB 7 Analisis
Kelayakan Bisnis ......................................................................................
14
BAB 8 Penawaran
Investasi
................................................................................................
15
BAB 1
Eksekutif Summary
Bisnis ini bergerak di bidang penjualan produk berupa
bahan pokok mentah antara lain sayur-sayuran, ikan, daging, dan buah-buahan.
Perbedaan minimarket ini dari yang lain terletak di dua hal utama yang
ditonjolkan. Pertama desain yang khusus dibuat menyerupai sebuah dapur karena
konsepnya adalah Homey. Mulai dari dekorasi pintu bagian luar sampai desain
interior di dalamnya. Ini juga disebabkan karena dari awal usaha ini bertujuan
merealisasikan Go Green. Salah satunya dengan tidak menggunakan plastik dan hanya
menggunakan keranjang belanja. Kedua adalah dari segi teknologi hightech pada
mesin kasir dan scan harga.
Visi kita
adalah menjadi supermarket terdekat yang paling mudah dijangkau konsumen yang
tinggal di daerah perumahan yang kurang terjangkau oleh kendaraan umum.
Sehingga bagi masyarakat yang ingin pergi ke pasar atau membeli bahan mentah
makanan, tidak perlu jauh keluar bahkan memakai kendaraan pribadi.
Misi
kita adalah dengan didirikannya supermarket ini di daerah-daerah perumahan yang
tidak terjangkau kendaraan umum, delivery atau pesan antar. Karena dengan ini
kita akan mengurangi polusi udara dengan penggunaan kendaraan umum di pagi
hari.
Dalam manajemen kita dibentuk beberapa divisi antara lain
Marketing yang berkaitan dengan penggunaan website tuk pemasaran, brosur, sales
promotion. Business Development yang berkaitan dengan pengawasan “kantor” kita.
Mulai dari pengawasan secara menyeluruh (umum dan sotck barang) serta kinerja
karyawan. Divisi Financial terkait supplier barang, biaya kaget, dan gaji
karyawan. Divisi HRD terkait perekrutan karyawan dan menerima laporan dari
Divisi Busdev. Dalam manajemen kita hanya menggunakan 2 orang tuk pengawasan
kasir dan pembelian karena kapasitas tempatnya yang juga tidak terlalu besar.
Target pasar adalah penduduk sekitar Scientia Garden
menengah ke atas. Dari mulai mahasiswa UMN dan Surya University yang kost di
sekitarnya, sampai penduduk yang tinggal di semua perumahan mulai dari Newton
sampai ujung yaitu Volta. Karena perkembangan perumahaan ini sangat pesat
pembangunan dan ketertarikan publik untuk tinggal di sini.
Perkembangan kampus UMN dan SURE pun semakin maju dan
menampung banyak mahasiswa, tentunya mahasiswa yang tinggal di sekitar Scientia
Garden pun semakin besar dari tahun ke tahun. Kita membeli 2 bangunan ruko yang
direkonstruksi menjadi 1 ruko. Kita juga membeli barang-barang pendukung
seperti kulkas, kerangjang, troli, mesin kasir dan scan harga, AC, Asesoris
dekorasi, serta meja dan mesin kasir cadangan. Tuk mengundang orang saat hari
pertama bisnis Running kita akan adakan sales promotion. Strategi pemasaran
yang kita lakukan antara lain menyebar brosur dan word of mouth.
BAB 2
Analisis Pasar
Target pasar dalam
bisnis ini adalah konsumen di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Pertumbuhan
ekonomi warga sekitar Gading Serpong yang rata-rata adalah kalangan menengah ke
atas, mendukung bisnis kami yang menyediakan bahan-bahan berupa sayur-sayuran,
daging dan buah-buahan yang kami dari Pasar Induk.
Pasokan barang-barang
penjualan kami berikan dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang terjangkau
untuk kalangan warga disekitar Gading Serpong, Tangerang. Kualitas
daging, sayur dan buah dengan kualitas pilihan terbaik akan kami berikan kepada
para pembeli kami.
Dalam melakukan transaksi, kami menyediakan kartu voucher
belanja dengan kerja sama dengan salah satu Bank ternama di Indonesia untuk
melakukan teansaksi penjualan. Pemilihan bank tersebut selain telah memiliki
nama yang besar, juga nasabah dari bank tersebut merupakan masyarakat kelas
menengah ke atas, yang juga merupakan warga yang ada di kawasan Gading Serpong.
Persaingan bisnis juga kami alami. Pemilihan tempat yang
kami pilih, di kawasan Gading Serpong yang sudah memiliki swalayan-swalayan
yang sudah memiliki nama seperti Hypermart, Giant dan Farmers. Namun,
persaingan tersebut kami memberikan
solusi, selain
dengan menyediakan sayur,buah dan daging , kami juga memberikan perbedaan dalam
fasilitas yang diberikan , seperti dalam melakukan transaksi.
Dengan
mengenal kalangan pasar yang ada di kawasan Gading Serpong, kami berani
memberikan fasilitas dan pelayanan praktis
untuk para pembeli kami. Walaupun persaingan swalayan-swalayan besar yang
ada dikawasan Gading Serpong, kami berani memberikan yang terbaik.
Ancaman bagi bisnis kami ini salah satunya juga
dikarenakan hadir lebih dulunya swalayan-swalayan besar yang ada. Tapi kami
memberikan kepraktisan dan kemudahan untuk dijangkau oleh warga di kawasan
Gading Serpong.
BAB 3
Rencana SDM
Struktur organisasi dalam team manajemen kami dikepalai
oleh seorang ketua dengan General Manajer di masing-masing divisi. Kami
memiliki 4 divisi. Pertama Divisi Business Development yang akan melakukan
seluruh oprasional bisnis kami, mulai dari keadaan lapangan sampai inovasi
jangka panjang. Divisi ini juga akan menerima laporan dari semua divisi lain
yang nantinya akan dirapatkan dan melakukan keputusan dan pendataan. Divisi ini
memiliki 2 anggota utama yaitu ketua dan GM serta 1 orang karyawan untuk
melakukan pengawasan di lapangan dan memberi laporan.
Kedua divisi Marketing, divisi ini hanya terdiri dari 2
orang yaitu ketua dan GM dan 2 orang karyawan yang fokus pada masing-masing
subdivisi yaitu pemasaran dan Public Relations. Bagian pemasaran akan menangani
website, perluasan pasar, dengan brosur, pamflet, iklan, dan sebagainya. Dengan
melihat perkembangan pasar dan oprasional bisnis, bagian pemasaran akan
memutuskan tuk melakukan perluasan pasar. Sedangkan Public Relations akan
mengelola supply chain dengan distributor produk, investor, bank, dan
Summarecon.
Ketiga adalah divisi Financial yang juga memiliki 1 orang
ketua, GM, dan 1 orang karyawan. Divisi ini akan menangani arus keuangan (pendapatan-pengeluaran),
cicilan ruko, pemasukan dan laporan keuangan dari investor, serta pengeluaran
meliputi iklan dan distributor produk.
Divisi keempat adalah HRD. Dengan 1 orang ketua dan 1
orang GM serta 1 orang karyawan. Divisi ini menangani karyawan mulai dari
perekrutan yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan perusahaan, sampai
kontrak dan kompensasi atau pengembangan kebutuhan karyawan. Perusahaan kita
akan menerapkan sistem kontrak percobaan selama 3 bulan, jika kinerja baik maka
kontrak akan diperpanjang 6 bulan. Dan terus akan bertambah 2 kali lipat dari
sebelumnya. Ini akan meminimalisir kinerja buruk karyawan.
Kompensasi akan dilakukan pada karyawan setiap bulan
sebesar 10% dari gaji setelah karyawan bekerja minimal 1 tahun. Begitu juga
pengembangan kemampuan karyawan yang akan diberikan secara rutin dalam sesi
pengajaran, selama 3 kali dalam seminggu setelah kontrak kerja 1 tahun.
Kompetensi yang kita butuhkan tidak terlalu berat asalkan bertanggung jawab,
sopan, dan disiplin. Kompetensi khusus yang mungkin kita inginkan hanya dapat
mengendarai motor atau mobil, berpenampilan menarik, dan bisa membaca dan
menulis.
Bab 4
Rencana Operasional Fresh Market
Gambar diatas menjelaskan mengenai gambaran proses bisnis
dari Fresh Mart dimana prosesnya dimulai dari penyaluran produk dari supplier
kepada perusahaan untuk mengoperasikan bisnis fresh mart dan proses penyaluran
tersebut tergolong kedalam proses operasional karena tanpa adanya penyaluran
produk dari supplier sebuah perusahaan tidak akan pernah dapat menjalankan
bisnisnya. Setelah melakukan penyaluran produk perusahaan (Fresh Mart) menjalankan
kegiatan bisnisnya yaitu menjualkan produknya kepada konsumen.
Proses penjualan ini dapat dilakukan dengan dua cara
yaitu pembeli dapat membeli produk melalui website/jejaring sosial (via online)
atau pembeli langsung datang ke fresh mart (via manual) selain itu jika pembeli
memesan via online maka fresh mart akan mengantarkan pesanan tersebut kepada
konsumen (delivery order) dan
kegiatan jual beli tersebut tergolong kedalam proses distribusi produk dari
perusahaan ke konsumen.
Sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menjalankan
bisnis Fresh mart ini kami membutuhkan berbagai sarana dan prasarana yang dapat
menunjang kinerja dan keefektifan dari operasional bisnis ini, dimana sarana
dan prasarananya berupa:
·
Rak pendingin dan kulkas
·
Motor yang berfungsi sebagai
transportasi dalam menjalankan jasa “Delivery”
·
Mesin kasir otomatis(Hi-Tech Cassier) dan mesin kasir manual
·
Air
Conditioner (AC)
·
Sumber Daya Manusia yang berfungsi
sebagai tenaga kerja seperti tukang kasir dsb
·
Troli dan keranjang
·
Plastik daur ulang
Dalam menjalankan bisnis ini kami juga mengandalkan dan
memanfaatkan program ICT (Information and
Communication Technology) sebagai
sarana pendukung dimana program ICT ini sangat membantu dalam meningkatkan
efektifitas dari bisnis ini seperti penggunaan corporate website dalam bisnis ini sebagai sarana untuk mengorder
pesanan serta memberikan kritik dan saran bagi
Fresh Mart baik dari segi pelayanan, produk, suasana tempat dsb selain
itu Fresh Mart juga akan mengadakan kuisioner secara berkala melalui corporate website ataupun jejaring
sosial dengan tujuan untuk mengetahui kepuasan publik terhadap fresh mart.
Selain penggunaan corporate website
Fresh Mart juga menggunakan Hi-Tech Cassier, dimana Hi-Tech Cassier ini merupakan salah satu
keunggulan yang dimiliki oleh fresh mart dibandingkan dengan mini market yang
lainnya.
Proses penyaluran barang dari supplier kepada perusahaan
juga harus diperhatikan atau arus penyaluran barang itu harus diatur dan
dipantau oleh perusahaan agar tetap lancar
dan dalam hal ini fresh mart menggunakan strategi “Take and Give” untuk mendorong supplier agar mereka tepat waktu
dalam mengirimkan produk maksudnya jika supplier dapat dengan cepat dan tepat
waktu dalam mengirim produk-produk maka dari pihak perusahaan (Fresh Mart) akan
memberikan bonus berupa tambahan uang sedangkan untuk supirnya perusahaan akan
memberikan bonus berupa kopi dan uang rokok dan ketentuan-ketentuan tersebut
akan tertera dalam kontrak bisnis jangka panjang antara perusahaan dengan
supplier, maksud dari jangka panjang tersebut itu adalah perusahaan(Fresh Mart)
akan menjadi pelanggan tetap dalam mengorder produk-produk yang akan mereka
jual kepada customer dan konsumen.
Tahap pengembangan operasional yang dilakukan oleh Fresh
Mart untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk/jasanya adalah
·
Untuk meningkatkan kualitas jasa fresh
mart akan terus melakukan pelatihan terhadap karyawan/staffnya agar mereka
makin mengerti dan mantap dalam melayani customer dan konsumen, pihak
perusahaan akan selalu memantau kebutuhan dari karyawan misalnya: kebanyakan karyawan
sedang membutuhkan uang untuk membiayai kuliahnya maka perusahaan akan
menajalankan program CSR berupa pembiayaan biaya kuliah bagi karyawan yang
bekerja di Fresh Mart dengan tujuan meningkatkan motivasi karyawan dalam
bekerja sehingga dapat meningkatkan efektivitas perusahaan. Untuk meningkatkan
kualitas produk pihak Fresh Mart/perushaan akan selalu up to date terhadap informasi mengenai produk-produk baru, harga
dan selektif dalam memilih produk dengan tujuan untuk meberikan yang terbaik
bagi konsumen dan customer Fresh Mart.
·
Untuk masalah peningkatan kuantitas jasa
tergantung pada kemampuan perusahaan dalam memperluas/mengexpand pasar jika
perusahaan berencana untuk mengexpand bisnisnya maka permintaan akan tenaga
kerja yang berkualitas juga akan meningkat . Untuk meningkatkan kuantitas
produk bagian PR Fresh Mart akan berupaya untuk mempersuasi supplier dengan
berbagai tawaran yang menarik guna untuk menambah varian produk di Fresh Mart
dan jika Fresh Mart berencana untuk mengexpand bisnisnya maka permintaan akan
berbagai macam produk pun makin meningkat, karena peningkatan kuantitas produk
sejalan dengan perluasan bisnis suatu perusahaan.
Bab 5
Rencana Pemasaran Fresh Mart
Pada awal runningnya
bisnis ini, perkiraan target konsumen kita adalah masyarakat yang khusus
tinggal diperumahan sekitar Scientia Garden. Karena visi adalah menjadi
supermarket terdekat yang paling mudah dijangkau konsumen yang tinggal di
daerah perumahan yang kurang terjangkau oleh kendaraan umum. Sehingga bagi
masyarakat yang ingin pergi ke pasar atau membeli bahan mentah makanan, tidak
perlu jauh keluar bahkan memakai kendaraan pribadi.
Brosur dan pamflet
yang disebar ke seluruh rumah di perumahan Scientia Garden seperti Newton,
Dalton, Pascal, Volta. Tapi tidak menutup pelanggan dari luar Scientia Garden.
Website perusahaan
yang kita gunakan sudah sangat lengkap, mulai dari produk yang dijual, harga,
kontak person atau toko atau pesan antar, lokasi dan cara menjangkau (peta),
info kandungan gizi produk kita, dan berita-berita sekitar bahan pangan. Selain
itu rancangan website yang interaktif dan terdapat informasi yang berkaitan
dengan bahan mentah pangan, akan menanmbah pengetahuan ibu-ibu dan masyarakat
akan keadaan pangan khususnya berkaitan dengan kesehatan.
Harga produk yang dijual juga sangat terjangkau
tergantung produk lokal atau impor. Untuk deliveri kita tidak akan kenakan
biaya tambahan atau pajak antar. Harga yang tertera pada bahan pangan ini pun
sudah termasuk pajak. Jadi walaupun supermarket kita untuk kalangan menengah ke
atas, tapi sebagai usaha baru dan sederhana kita tidak akan mematok harga jauh
lebih tinggi dari harga pasaran. Tapi tentu saja tetap mengutamakan kualitas
produk.
Tahap pertama promosi akan dilakukan dengan banner
dipinggir jalan dan disetiap komplek perumahan bagian gerbang masuk 1 buah,
brosur dan pamflet yang akan disebar ke perumahan sekitar Scientia Garden. Lalu
word of mouth, dan broadcast message melalui blackberry dan sms. Lalu social
media seperti Twitter, Facebook, dan Yahoo.
Karena tahap awal ini
hanyalah bertujuan untuk menarik awareness
penghuni komplek perumahan di Scientia Garden saja bahwa telah dibukanya toko
baru.
Tahap kedua adalah sosialisasi website yang juga
disertakan dalam brosur, pamflet, dan message berikut contact personnya. Kita
sudah menarik simpati pembeli dengan semakin intentsnya info-info yang
diberikan dengan memperbesar banner dan pamflet yang ditempel, tapi lebih
mengutamakan program delivery yang kita miliki.
Distribusi yang akan kita lakukan adalah dengan mencari
distributor di pasar besar dan dengan membeli barang yang pada awalnya hanya
sedikit. Karena kita baru membuka toko yang belum akan memiliki banyak pembeli.
Sehingga kita akan meminimalisasi bahan makanan yang busuk. Selanjutnya semakin
banyaknya pelanggan dan promosi yang semakin luas, bahan makanan yang akan kita
beli akan semakin banyak. Distributor yang kita lakukan tentu jalur pendek,
maksudnya memilih tempat distributor sedekat mungkin dengan tempat kita berdagang
seperti di Pasar Tangerang karena lokasi jualan kita ada di Gading Serpong,
Tangerang. Karena sekali lagi kita meminimalisasikan resiko bahan makanan yang
busuk.
Rencana
Keuangan
Kebutuhan modal kerja dan investasi untuk bisnis ini
adalah sebesar Rp 382.900.000,- (tiga ratus delapan puluh dua juta sembilan
ratus ribu rupiah). Pendistribusian dana tersebut dapat dilihat pada rincian
terlampir. Pembiayaan modal perusahaan adalah sebesar Rp 82.900.000,- (delapan
puluh dua juta sembilan ratus ribu rupiah) untuk pendistribusiannya juga dapat
dilihat pada rincian terlampir.
Bisnis ini menerapkan sistem pembayaran secara cash maupun kredit. Untuk pembayaran
dengan sistem kredit, kami bekerja sama dengan bank yang dapat memfasilitasi
kredit dan juga akan ada mesin ATM dari bank tersebut di mini market ini. Hasil
dari pembayaran secara kredit baru bisa diterima satu bulan ke depan. Untuk
persedian atau stock barang, kami
mematok biaya sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) per bulan.
Target kami, keuntungan yang dapat diperoleh setiap
bulannya adalah sebesar Rp 62.000.000,- (enam puluh dua juta rupiah). Kebijakan
dalam pembayaran hutang atas pinjaman dari bank sebesar Rp 75.000.000,- (tujuh
puluh lima juta rupiah) akan di lakukan dengan menyisihkan hasil keuntungan
untuk membayar bunga sebesar Rp 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu
rupiah)per bulannya, dan juga untuk tabungan guna melunasi pinjaman tersebut.
Diperkirakan hutang tersebut bisa dilunasi dalam waktu dua tahun, tetapi jika
keuntungan yang diperoleh setiap bulannya sesuai dengan yang diharapkan, maka
waktu pelunasan hutang bisa lebih cepat terselesaikan.
Kebutuhan Modal
|
|
|
|
|
|
Investasi
|
300.000.000
|
||||
Modal
Kerja
|
82.900.000
|
||||
Total
|
382.900.000
|
||||
Sumber Modal
|
Nilai
|
Proporsi
|
Biaya Modal
|
Pajak
|
Kontribusi
|
Modal
sendiri
|
175.000.000
|
70,0%
|
15,0%
|
0,0%
|
10,50%
|
Pinjaman
dari bank
|
75.000.000
|
30,0%
|
12,0%
|
25,0%
|
2,70%
|
Investor
|
|
0,0%
|
10,0%
|
0,0%
|
0,00%
|
Total
|
250.000.000
|
100,0%
|
Rata-rata
|
13,20%
|
|
Kurang dari
kebutuhan modal
|
Biaya Modal
|
||||
Untuk transparansi dan laporan keuangan yang akurat maka
setiap transaksi akan dibuatkan jurnal dan selalu disimpan. Total laba yang diperoleh
per bulannya diperkirakan sebesar Rp 20.550.000,- (dua puluh juta lima ratus
lima puluh ribu rupiah). Namun jika dipotong pajak dan ditambahkan dengan
penyusutan investasi, maka diperkirakan arus kas operasionalnya adalah sebesar
Rp 19.412.500,- (sembilan belas juta empat ratus dua belas ribu lima ratus
rupiah).
Tahun
|
Investasi
|
Keterangan
|
0
|
300.000.000
|
Sewa satu
ruko, renovasi, beli peralatan, kendaraan, dll
|
1
|
-
|
|
2
|
-
|
|
3
|
-
|
|
4
|
-
|
|
5
|
-
|
|
Total
|
300.000.000
|
(Biaya
penyusutan dengan metode garis lurus)
|
Nilai Sisa tahun ke-5 =
|
20%
|
Tentu kita berharap agar bisnis ini bisa berjalan lancar
dan sukses, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa hal-hal yang tidak diinginkan
bisa saja terjadi. Masalah yang akan dihadapi nantinya bisa diatasi dengan
saling bekerja sama untuk memperbaiki kesalahan dan membuat inovasi baru yang
lebih kreatif lagi.
BAB 7
Analisis Kelayakan Business
Tiga skenario bisnis dengan tingkat peluang profit yang
stabil setiap tahunnya dan bisa meningkat (sesuai rata-rata kenaikan), maka
kelayakan bisnis ini dapat dipertanggungjawabkan dan dipandang layak.
Berdasarkan arus kas yang telah diskenariokan dinyatakan tidak ada masalah atau
kendala dalam bisnis. Pengeluaran untuk bisnis ini bisa dikendalikan dan tetap
memiliki cadangan kas yang cukup untuk keperluan lain-lain atau tabungan dalam
kas.
Untuk Payback Period (PP), selama 1 tahun bisnis ini
berjalan memang belum terlalu tinggi. Tetapi setelah 5 tahun, pembalikan modal
bisa berjalan dengan baik dan memiliki laba yang cukup besar. Pendapatan yang
didapat dari bisnis ini dianggap baik, karena NPV terbukti layak dengan
skenario tersebut melalui modal yang kembali dan keuntungan yang meningkat,
serta bisnis ini tetap mampu bertahan meskipun terjadi kenaikan inflasi.
Setelah 5 tahun, skenario Profitability Index (PI) menyatakan Profit Margin 72%
selama 5 tahun (rata-rata 14,48% per tahun).
Skenario IRR menyatakan bisnis ini tetap layak meskipun
inflasi naik 26,42% dari semula. Setelah dianalisis, target minimum kami
berhasil tercapai dalam jangka waktu 1 tahun dan terus menigkat setiap
tahunnya. Meskipun belum mencapai target maksimum dalam jangka 5 tahun. Namun,
target tercapai hampir 50% dari target maksimum selama 5 tahun.
BAB 8
Penawaran Investasi
Bisnis
ini menawarkan investasi minimum Rp.
5.000.000, - selama periode 30 hari dengan keuntungan/ sharing profit sebesar 2,5
%. Pengambilan modal awal dapat dilakukan minimal 18 bulan terhitung dari
tanggal penyerahan uang investasi. Kami juga menawarkan investasi Rp. 20.000.000,- selama periode 45
hari dengan keuntungan/ sharing profit 5 % dari jumlah nilai investasi yang
diberikan. Pengambilan modal awal dapat dilakukan minimal 18 bulan dari tanggal
penyerahan uang investasi. Tidak ada resiko apapun dari uang yang
diinvestasikan.
Seperti yang terlampir dalam analisis
keuangan, bisnis kami membutuhkan investasi sebesar Rp. 130.000.000,-.
Investasi ini akan dialokasikan untuk pengadaan bahan baku makanan seperti
daging, sayuran dan buah-buahan yang segar yang harus dilakukan setiap harinya,
mengingat kami menjual bahan makanan yang fresh,
sesuai dengan visi dibalik bisnis kami ini sendiri.
Sebagai
penutup, harga yang tercantum dalam proposal ini berdasarkan asumsi sehingga
perubahan pada harga pasar, kurs dan tingkat persediaan pasar bisa terjadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar